PASAR HALAL

Bahwa akan ada program PHR yang bisa diikuti oleh siapa saja dan di mana saja tanpa harus ikut datang ke sekretariat PHR pusat, program yang dimaksud adalah Pasar Halal Online,  pasarhalaljogja.com.  Ini adalah hybrid antara teknologi  internet dan pasar fisik. Sebuah pasar terbuka kolosal yang ukurannya seluas negeri / bumi, untuk eksplorasi peluang yang selama ini tidak bisa sepenuhnya digarap oleh teknologi e-commerce dan tidak pula secara optimal bisa diperankan oleh pasar fisik jaman ini.

Teknologi e-commerce yang sudah sangat maju-pun saat ini hanya merepresentasikan sekitar 1,4 % dari GDP dunia.Antara lain penyebabnya ya memang  tidak semua produk bisa di-e-commerce-kan. Sampai saat ini belum ekonomis untuk Anda membeli sembako via internet misalnya. Mayoritas kebutuhan Anda sehari-hari juga masih dibeli langsung dari pasar fisik.

Menawarkan barang secara umum di internet biasa juga sering salah sasaran, misalnya ketika Cuka Apel kita tawarkan, produk tersebut yang sangat bagus dan menarik banyak pengunjung  peminatnya rata-rata dari tempat yang sangat jauh. Sehingga peminat yang sudah tertarik-pun tidak ekonomis untuk membeli cuka apel kami via internet.

Namun kendala e-commerce yang utama ternyata adalah fitrah perdagangan itu sendiri yang mensyaratkan adanya khiyar  yaitu opsi untuk memilih barang yang diperdagangkan, jadi dibeli atau tidaknya, sesuai atau tidaknya barang dengan yang ditawarkan dll.

Memang beberapa layanan jual beli di internet atau e-commerce ada yang memberikan kesempatan untuk uang kembali bila barang yang dibeli tidak sesuai, namun prakteknya tidak praktis juga. Karena kalau mengembalikan barang biasanya bersyarat tertentu, dan tentu saja perlu effort dan biaya ekstra untuk mengirimkannya balik. Walhasil pembeli yang kecewa-pun jarang mengembalikan barang dan menagih kembali uangnya.

Kendala pasar fisik di jaman ini lain lagi, dia memerlukan lokasi yang strategis yang biasanya sangat mahal. Inilah penyebab utama di hampir semua perdagangan komoditi apapun kini, pemain dengan modal yang kuat yang menguasai pasar. Perhatikan apa yang Anda gunakan dan konsumsi setiap hari, rata-rata diproduksi oleh perusahaan besar dan didistribusikan oleh para pedagang, toko, mal dll. yang juga bermodal tidak sedikit.

Ketika kebanyakan orang tidak bisa mendirikan toko di lokasi yang strategis, tidak mampu menyewa kios di pasar yang ramai, tidak mampu menghadirkan barang dagangannya di mal-mal dll. maka kebanyakan orang tidak mudah untuk bisa berjualan secara optimal di pasar fisik jaman ini. Padahal pasar itulah lokomotif yang seharusnya menarik gerbong-gerbong produksi dan kemakmuran yang massal itu.

Dalam situasi seperti ini hadirnya pasarhalaljogja.com ini bisa menjadi solusi untuk semua permasalahan pasar dan jual-beli di atas. Teknologi telekomunikasi bergerak dan internet yang semakin maju bisa didaya-gunakan untuk me-reset akses pasar, sehingga peluang Anda dan saya berjualan  menjadi sama baiknya dengan peluang para konglomerat dengan modal yang selangit sekalipun.

Kendala khiyar-pun seperti yang ada di e-commerce tidak lagi menjadi masalah karena transaksi dalam pasarhalaljogja.com adalah transaksi fisik face to face, Anda membeli barang yang telah Anda lihat langsung dari pembeli yang Anda juga temui langsung. Teknologi mobile dan internet hanya ‘mengantarkan’ Anda untuk tahu dan ketemu penjual barang yang Anda butuhkan di lokasi Anda berada  atau dari tempat terdekat dengan Anda.

Lokasi, lokasi dan lokasi yang selama ini menjadi ‘mantra’ keunggulan para pedagang yang mapan, dengan pasarhalaljogja.com kini bisa menjadi milik semua orang. Mart-mart yang menjual sembako di jalan strategis menuju komplek rumah Anda, akses pasarnya di era pasarhalaljogja.com akan tidak terlalu berbeda dengan Anda yang jualan dari rumah yang ngumpet di pojok komplek sekalipun.

Dengan  pasarhalaljogja.com lokasi penjual yang menarik bukan hanya karena dia di pinggir jalan besar atau tempat strategis lainnya, tetapi juga seberapa dekat dan seberapa dikenal dia ada di lokasi (calon) pembeli yang bisa melihatnya melalui layar pc / laptop / telepon mobile-nya.

Dengan teknologi internet yang kini ada, semua itu kini benar-benar memungkinkan untuk diimplementasikan.  Masih belum menangkap peluangnya ?

Jangan khawatir, dari waktu-ke waktu secara bertahap kami akan memberi contoh peluang dan aplikasinya di lingkungan Anda. Tetapi sebelum kesana kami jelaskan lebih detil dahulu tentang gagasan besarnya.

Hal yang sederhana ini aplikasinya di dunia perdagangan menjadi luar biasa, bayangkan iPhone yang menempuh ribuan kilometer untuk sampai di pasar Glodok, hal yang sama ditempuh pesaingnya Samsung Galaxy. Mereka beriklan jutaan dollar untuk menarik peminat di seluruh dunia dan bersaing habis-habisan satu sama lain, tetapi siapa yang akhirnya ikut memutuskan bahwa seorang konsumen itu memilih iPhone atau Samsung Galaxy ?

Tidak jarang yang akhirnya berhasil meyakinkan konsumen untuk membeli atau tidak itu adalah salesman/girl yang ada di counter HP.  Begitu si salesman/girl ini bicara ‘jangan dibeli itu karena bla-bla-bla …’, maka buyarlah kesempatan suatu produk itu dibeli konsumen akhir. Salesman/girl itulah yang memiliki langkah terakhir pasarhalaljogja.com untuk ikut menentukan kemenangan atau kekalahan suatu produk.

Peran si salesman/girl inilah yang sekarang bisa Anda ambil alih di lingkungan Anda masing-masing. Baik itu lingkungan kantor, komplek, jamaah pengajian atau dimana saja dimungkinkan sejumlah orang berkumpul di satu lokasi  itulah pasar Anda. Bedanya Anda tidak perlu berbusa-busa meyakinkan (calon) klien Anda untuk barang yang hendak Anda jual, cukup mendaftarkannya saja di pasarhalaljogja.com ! Setelah itu bila Anda mau meningkatkan peluang produk Anda dikenal orang – cukup Anda bercerita ‘bla-bla-bla’ tentang produk Anda dan kemudian kalau mau lagi Anda bisa juga bercerita bahwa produk-produk Anda dan keberadaan Anda dapat dilihat di pasarhalaljogja.com. Selebihnya biarlah  (potensial) pasar Anda yang menemukan Anda.

Maka dengan pasarhalaljogja.com ini berbagai contoh peluang berikut menjadi sangat mungkin Anda eksplorasi :

 1.     Melalui layar pasarhalaljogja.com,  tetangga-tetangga di komplek Anda misalnya menjadi tahu bahwa Anda menyediakan sembako terbaik dengan harga terbaik, Anda tiba-tiba menjadi pesaing supermarket-supermarket maupun mart-mart di sekitar Anda dalam hal meraih pasar sembako untuk komplek Anda.

2.     Kemudian petani beras di Magelang bisa mengenal Anda untuk menjadi distributor berasnya khusus untuk lingkungan Anda. Anda-pun tidak perlu malu-malu terus berjualan beras ke tetangga, karena tetangga sudah akan langsung tahu setelah membuka account pasarhalaljogja.com-nya.

3.     Anda seorang pedagang yang antusias, Anda sering keliling negeri untuk memperkenalkan produk-produk Anda. Anda ingin pasar atau komunitas Anda mengetahui keberadaan Anda bila lagi berada di daerah mereka. Hal ini bisa dengan mudah Anda lakukan dengan login ke account pasarhalaljogja.com Anda dan me-refresh lokasi Anda saat dimana saja Anda berada dan ingin ditemukan oleh pasar Anda. Lebih detil lihat di panduan pasarhalaljogja.com atau download ditata cara penggunaannya.

4.     Anda seorang seorang pedagang busana Muslimah dan mencari vendor produk siap pakai, Anda hanya mendengar bahwa Bandunglah sumber utamanya, maka cukup Anda mengarahkan map Anda ke Bandung dan mencari ‘warna bintang’ yang sesuai di peta. Dari sanalah Anda akan mudah memilah dan memilih vendor Anda.

5.     Anda eksekutif sibuk yang jarang sempat makan siang yang proper, melalui pasarhalaljogja.com Anda bisa memilih makanan-makanan yang tersedia di sekitar Anda yang bisa men-deliver makanan yang sesuai sampai meja Anda tepat pada waktu Anda butuhkan karena ternyata restorannya hanya beberapa langkah dari gedung Anda.

6.     Dalam suatu pameran besar, ada specific produk yang ingin Anda lihat atau beli tetapi Anda tidak punya waktu mengitari seluruh booth yang ada di pameran. Dengan pasarhalaljogja.com Anda bisa langsung menemukan bahwa produk tersebut ada di pameran ini  lengkap dengan lokasi tepatnya, bahkan bila perlu juga foto booth-nya.

7.     Anda ingin menjual auto accessories unik hasil kreatifitas Anda kepada para pengunjung IMS (Indonesia Motor Show)  tetapi Anda tidak memiliki uang untuk bisa menyewa standnya. Maka Anda cukup memarkir mobil Anda di lapangan parkir, kemudian login ke pasarHalaJogja.com dan memasukkan produk-produk menarik Anda. Maka pengunjung IMS yang tertarik dengan produk Anda, akan mencari Anda sampai lapangan parkir sekalipun.

8.     Anda seorang eksekutif yang ingin menggarap pasar micro di tanah air, tetapi perlu jaringan yang sangat luas  yang akan mahal bila harus Anda kembangkan sendiri. Maka dengan pasarhalaljogja.com Anda bisa mendaya gunakan fitur / fasilitas Be Distributor, dimana member dapat memberdayakan individual anggota pasarhalaljogja.com yang berminat untuk menjadi saluran distribusi-nya.

9.     Anda seorang penemu formula canggih  pasta gigi, sabun dan produk-produk consumer goods lainnya. Anda bisa memproduksinya dengan baik, tetapi pemasaran menjadi kendala selama ini karena dengan cara konvensional harus beriklan sangat banyak  maka melalui fasilitas Be Distributor di  pasarhalaljogja.com tiba-tiba di seluruh pelosok tanah air yang jadi member pasarhalaljogja.com semua tertarik untuk menjadi saluran distribusi Anda.

10.   Anda seorang Aghniya dan mulai berpikir untuk memutar uang yang dikerjasamakan dengan saudara muslim lainnya maka fitur Peluang Shohibul Mal bisa menjadi salah satu cara mewujudkan hal itu.

11.     Dan seterusnya yang bisa Anda kembangkan sendiri unlimited opportunities-nya, setelah Anda mencobanya sendiri dan memahami sistem pasarhalaljogja.com ini.

 Semua contoh-contoh tersebut sudah dapat Anda coba elaborasi dengan membuka pasarhalaljogja.com kemudian register dll. Semuanya gratis.

 Setelah Anda memahami cara kerjanya, silahkan share dengan lingkungan Anda baik di kantor maupun di rumah, maka ketika lingkungan Anda rame-rame menggunakan sistem ini  itulah langkah awal Anda untuk membangun pasar Anda sendiri. Setelah pasar terbangun di lingkungan Anda, yang mendapatkan manfaat pertama adalah Anda dan lingkungan Anda sendiri  karena Anda bisa dengan leluasa saling berjual beli di lingkungan Anda.   

 Teknis Panduan pasarhalaljogja.com

Selamat membuka pasar untuk Anda maupun lingkungan Anda. InsyaAllah.

1) Ketika berminat menjadi member maka terlebih dulu mengajukan permintaan menjadi member dengan mengirim surat pernyataan permohonan keanggotaan ke email pasarhalaljogja@gmail.com, atau Telp. / Wa ke nomor xxx, setelah itu kami follow up surat permohonan tersebut.

2) Anda selanjutnya diminta mengisi formulir pendaftaran yang kami kirim lewat email. Sample barang anda kirim ke kami atau berikan langsung dengan mendatangi kami untuk di verifikasi. Setelah proses pemberkasan dan verifikasi selesei maka anda bisa mulai berproses menjadi member di pasarhalaljogja.com

3)  Asumsinya Anda sudah menggunakan pc / laptop mobile  / telephone yang dilengkapi dengan akses internet.

 Silahkan Anda buka browser Anda dan ketikkan alamat : pasarhalaljogja.com atau klik Pasar Halal Jogja

Akan tersaji diantaranya space tampilan dalam bentuk map.

 Di map tersebut akan menampilkan data data para member / penjual / pedagang yang sudah terdaftar dalam bentuk bintang bintang berwarna-warni.

 Bintang bintang inilah penanda para penjual / pedagang di pasarhalaljogja.com,  yangmendahului Anda terjun ke pasar. Anda bisa menyusulnya segera agar tidakketinggalan peluang.

 4) Untuk bergabung, pertama yang Anda harus lakukan tentu saja mendaftar.Silahkan klik tanda ‘sign up’ di layar Anda.

 5) Isikan data sederhana tetapi harus akurat, karena dengan data inilah Anda nantinya akan berhubungan dengan pasar Anda.

 Setelah diisi lengkap, silahkan klik lagi tanda ‘sign up’.

 Anda sudah resmi menjadi bagian dari komunitas pasar pasarhalaljogja.com sekarang.

 6) Setelah login dengan username dan password yang Anda daftarkan, Anda akan melihat nama Anda ada di layar Anda. Dan Anda akan lihat menu dasar Anda.

7) Untuk pertama kalinya, barangkali Anda perlu merapikan profil Anda,memberi foto yang menarik dll.  Anda bisa lakukan ini dengan menu My Profile atau Edit Profile.

 Dari sini Anda juga bisa mengoreksi nomor telephone Anda, email dan juga memberi deskripsi yang menarik untuk profile Anda.

 Setelah Anda comfortable dengan profile Anda, Anda siap jualan di pasarAnda sekarang.

8) Silahkan klik di menu dasar Anda lagi, kali ini klik di menu Create Penawaran Baru.

9) Pertama Anda mendefinisikan dahulu kelompok usaha / kategori Anda, ini nanti menyangkut warna bintang Anda di peta. Gunakan menu drop down, kemudian pilih di button yang sesuai.

 Kemudian pilih lokasi Anda, kalau Anda di lokasi yang fix (seperti rumah, kantor, toko dll), maka pilih yang fix dan Anda bisa menentukan letak lokasi Anda di peta dengan menaruh cursor di lokasi yang sesuai dan klik. Inilah lokasi toko Anda yangakan mudah ditemukan pengguna pasarhalaljogja.com lainnya.

 Anda bisa juga memilih lokasi yang dinamis atau bergerak  seperti seorang sales misalnya.  Maka lokasi Anda akan ditentukan berdasarkan dimana Anda login menggunakan mobile Anda. Untuk mengupdate lokasi keberadaan Anda, dalam posisi login, klik menu “Refresh Lokasi” di tampilan layar Anda.

 Bila lokasi bintang Anda tidak serta merta berubah setelah Anda refresh, bisa jadi penyebabnya karena Anda lupa login.Silahkan di cek ulang dengan login/logout dan lihat kembali di peta mestinya posisi bintang Anda sudah berada di lokasi Anda saat ini.

 Ingat bahwa sebagi penjual Anda sadar sepenuhnya bahwa Anda memang ingin pembeli mudah menemukan lokasi Anda. Bila Anda tidak ingin ditemukan orang lain, maka Anda harus logout setelah sebelumnya menghapus penawaran Anda.

 10) Setelah menentukan kategori dagangan dan lokasi, Anda kini bisa mengisikan detil barang atau jasa yang Anda tawarkan atau cari, menyertakan keterangan yang jujur, foto yang menarik dan harga yang sesuai.

 Anda bisa menampilkan beberapa foto bila memang perlu, tetapi usahakan file foto sekecil mungkin tetapi sejelas mungkin agar mudah tampil.

 Anda kemudian bisa save atau submit dilayar pada menu .

 11) Bila pendaftaran produk Anda berhasil, Anda akan melihat listing Anda di tampilan standar pasarhalaljogja.com. Anda bisa klik menu ‘lihat di peta’ untuk tampilanyang lebih menarik  bila akses internet Anda cukup memadai.

12) Tampilan di peta akan menyajikan apa yang akan Anda jual dalam bentuk  bintang dengan keterangannya yang sesuai. Anda akan juga melihat berapa jauh lokasi tersebut (dalam meter) dari posisi Anda saat ini.

 Keakuratan jarak ini tergantung dari akses mobile Anda, WIFI yang ada dll. Anda bisa terus menambahkan barang yang lain dengan prosedur yang sama di no 8).

Lantas apa untungnya bintang Anda exist di map / peta pasarhalaljogja.comini ? saat ini mungkin belum secara langsung memberi manfaat bagi Anda. Tetapi ketika hal ini dilakukan rame-rame juga oleh lingkungan Anda  bisa Anda promosikan kalau mau, maka bintang bintang tersebut akan membentuk satu pasar di lingkungan Anda masing-masing.

Dengan terbentuknya pasar ini, maka satu sumbatan kemakmuran itu telah Anda bongkar di lingkungan Anda. Karena ada pasar, maka produksi berbagai kebutuhan akan ter-encouraged. Ada pasar, ada produksi maka insyaAllah kemakmuran akan hadir di lingkungan Anda.

Manfaat yang lebih besar insyaAllah akan datang kemudian. Ketika bintang bintang yang begitu jelas, by name bisa diketahui siapa dan dimana, bisa dikontak langsung via sms / wa ataupun telepon, bisa diagregasikan dalam sistem admin kami  maka rangkaian bintang bintang tersebut akan membentuk apa yang kami sebut Be Distributor, saluran distribusi yang nantinya bisa dipakai oleh siapa saja yang membutuhkannya .

 Karena keberadaan Anda jelas, lokasi Anda jelas dan bahkan Anda bisa menuliskan spesialisasi Anda di kolom yang sudah disediakan maka Anda nantinya bisa dilibatkan untuk menjadi distributor untuk lokasi Anda  untuk barang-barang unggulan yang nantinya akan didistribusikan melalui Be Distributor ini yang sesuai untuk pasar Anda.

 Barang-barang unggulan ini juga bisa merupakan produksi Anda sendiri yang ingin dipasarkan secara lebih luas atau produksi saudara-saudara kita yang lain yang sudah lebih dahulu bergerak di bidang produksi. Be Distributor inilah yang kita harapkan nantinya menjadi saluran kemakmuran yang lebih besar dan lebih luas itu. Produk-produk bersama kita, tiba-tiba bisa menyebar ke seluruh Nusantara tanpa adanya sumbatan-sumbatan dalam perbagai macam bentuknya.

 Ini pula sebabnya konsep pasarhalaljogja.com ingin kita wujudkan segera karena pada waktunya saudara-saudara kita yang lain merintis usahanya , memproduksi barang ataupun jasa mereka pasti akan membutuhkan pasar atau saluran distribusinya. Alangkah indahnya bila saat itu saluran distribusi ini sudah ada dan siap menyalurkan produk-produk mereka.

 Bila Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam saja membuat pasar masih di awal-awal Negeri Islam Madinah terbentuk, pastilah urusan pasar ini termasuk hal yang sangat penting bagi umat, pasar sekarang yang mirip pasar Yahudi yang ada saat itu tidak bisa dipakai secara adil oleh umat ini  maka perlu dibuat pasar kita secara tersendiri.

 Kesempatan membuat pasar kita sendiri itu kini terbuka lebar dan tidak menuntut pengeluaran biaya apapun dari Anda. Tinggal beberapa klik, InsyaAllah Anda sudah bisa menjadi bagian dari pasar untuk umat ini  bagian dari saluran distribusi kemakmuran yang tidak lagi tersumbat. InsyaAllah.

Be Distributor.

 Secara sederhana fungsi Be Distributor ini adalah agar para anggota PHR atau umat Islam atau masyarakat umum yang ada di pasarhalaljogja.com, bisa saling menjadi agen (saling mengageni) satu sama lain. Secara bersama-sama komunitas ini membangun jalur distribusi untuk berbagai produk berupa barang dan jasa. Setelah jalur distribusi ini terbangun, maka kita akan memiliki ‘pasar bersama’  dan di situlah kita bisa saling memenuhi kebutuhan kita masing-masing.

 Ada dua pihak di Be Distributor ini, pertama adalah pemilik produk awal  bisa saja dia produsen ataupun agen dari produsen lain. Ketika dia meng-introdusir produknya sebagai produk yang available untuk Be Distributor, maka produk tersebut akan bisa ikut didistribusikan oleh sejumlah besar reseller lain yang tertarik.

 Bayangkan misalnya Anda bisa memproduksi mukena yang sangat baik dan enak dipakai, kemudian Anda kenalkan ke pasarhalaljogja.com dan diberi tanda available untuk Be Distributor maka tiba-tiba sejumlah besar pengunjung pasarhalaljogja.com ini yang tertarik akan menjadi agen Anda untuk menjualkan produk Anda yang baik tersebut di lingkungannya masing-masing.

 Atau sebaliknya, Anda ingin berjualan tetapi tidak memiliki barang dan belum tahu barang apa yang ingin Anda jual. Maka Anda cukup browse di pasarhalaljogja.com dan mencari barang-barang yang menarik, utamanya lihatlah barang/jasa yang diberi tanda Be Distributor berarti barang atau jasa tersebut boleh diageni. Selanjutnya Anda tinggal request untuk menjadi agen dari barang yang Anda minati tersebut. Setelah disetujui pemiliknya, Anda otomatis akan menjadi agen dari produk yang bersangkutan.

 Setelah menjadi agen dari suatu produk barang atau jasa, pengguna pasarhalaljogja.com akan melihat Anda sebagai penjual barang atau jasa tersebut di lokasi Anda  dan untuk ini Anda tidak perlu lagi meng-input data detil tentang produk barang-jasa yang Anda ageni tersebut karena sudah terbawa secara otomatis dari data pemilik produk awal yang sudah memasukkan data-data yang dibutuhkan.

 Lebih detil tentang bagaimana mendaftarkan produk untuk didistribusikan melalui fasilitas Be Distributor di pasarhalaljogja.com ini dapat Anda lihat dengan mengunjungi www.pasarhalaljogja.com kemudian klik menu How to use. Setelah itu klik tab Be Distributor, maka Anda akan dapat melihat ilustrasi grafis yang sederhana mengenai cara penggunaannya sebagi berikut :

 Semua fasilitas / fitur Be Distributor ini merupakan pengembangan dari fungsi yang sudah jalan sebelumnya yang kita sebut pasarhalaljogja.com Bedanya kalau di pasarhalaljogja.com Anda jualan sendiri, dengan Be Distributor orang lain ikut rame-rame menjualkan produk Anda di lingkungan masing-masing bila produk Anda memang benar-benar menarik dan diberi tanda available untuk Be Distributor.

 Semua fasilitas adalah gratis, jadi  bayangkan Anda bisa membangun saluran distribusi Anda sendiri tanpa harus  keluar biaya satu sen-pun.

Intinya adalah bila Anda memiliki produk yang benar-benar bagus  bahasa anak mudanya adalah produk yang “killing”, maka insyaAllah melalui komunitas ini produk Anda-pun akan cepat menyebar. Bahkan kami siap menuliskan rekomendasinya untuk produk yang memang benar-benar menarik.

Maka kami tunggu produk-produk Anda yang ‘killing’ di pasarhalaljogja.com  dan kita bangun bersama pasar kita sendiri  dari kita untuk kita, InsyaAllah.

Kategori / Kelompok Produk

  • Makanan, Minuman
  • Barang Komoditas Pertanian, Peternakan dll
  • Pakaian, Sepatu
  • Herbal dan Pengobatan Alami
  • Seni dan Kerajinan
  • Rumah
  • Otomotif
  • Peralatan Rumah Tangga
  • Komputer dan Alat Komunikasi
  • Jasa dan Lainnya
  • Pendidikan, Sosial, Keagamaan, Non Provit
  • Buku dan Alat Alat Kantor
  • Lain Lain